Variable Dalam Macro VBA Excel - excelive - kumpulan artikel dan tutorial excel

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

27.7.17

Variable Dalam Macro VBA Excel

variabel dalam excel

Variabel merupakan tempat penyimpanan memori untuk menyimpan sebuah nilai tertentu yang diberikan oleh pengguna atau sistem, dimana sebuah variabel harus memiliki sebuah nama yang unik. Selain mempunyai nama, sebuah variabel juga harus memiliki nilai tertentu. Nilai inilah yang akan digunakan selama sintaks VBA tersebut berlangsung.

Mengapa kita menggunakan variabel ?
Pada Aplikasi Microsoft Excel, kita masih memungkinkan menjalankan kode program tanpa variabel, karena bukan sebuah keharusan, dimana kita bisa hanya menetapkan nilai, string atau apapun setiap kali kita membutuhkannya, tetapi hal ini akan menyebabkan :
  1. Kode program akan menjadi sulit untuk diikuti (bahkan untuk diri sendiri)
  2. Excel terus-menerus akan perlu mencari nilai pada tempat yang lain.
  3. Efektifitas running program tidak maksimal.
Dengan kata lain, Variabel pada VBA merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam penulisan sintaks VBA. Dan pada bagian ini, kita akan bersama-sama belajar mengenal beberapa Tipe Variabel yang sering digunakan dalam Macro VBA excel. Namun sebelum memulai belajar Variabel dalam Macro VBA Excel, ada hal yang harus Anda pahami tentang aturan penulisan Variabel agar tidak terjadi kesalahan.

Aturan dalam penulisan nama Variabel dalam Macro VBA Excel :
  1. Menggunakan huruf sebagai karakter pertama.
  2. Tidak boleh menggunakan tanda titik (.), tanda seru (!), atau karakter seperti @, &, $, #. Kita bisa menggunakan karakter (_) jika nama variabel mengandung 2 kata atau lebih.
  3. Nama variabel tidak bisa melebihi 255 karakter.
  4. Tidak boleh menggunakan istilah-istilah yang sudah ada dalam sistem VBA seperti sub, exit, close dan seterusnya.
Aturan yang berikutnya adalah cara penulisan nama Variabel atau nama kerennya adalah Sintaks VBA, yang mana harus mengikuti aturan yang sudah baku seperti berikut :
Dim [NamaVariabel] As [TypeVariabel]
Ok, setelah memahami aturan-aturan dasar, saatnya kita akan menerapkan beberapa Variabel dalam kode Macro VBA. Tapi sebelum kita memulainya, terlebih dahulu buat dan letakkan sebuah CommandButton dalam lembar kerja Microsoft Excel dan tambahkan baris kode dibawah ini, dan menambahkan baris kode VBA tersebut dapat dilakukan dengan cara klik ganda CommandButton yang terdapat dilembar kerja untuk langsung menuju ke jendela Microsoft Visual Basic.

INTEGER
merupakan sebuah tipe variabel yang dapat digunakan untuk menyimpan semua jenis angka
Dim A As Integer
A = 7
Range("A1").value = A
Variabel Integer dalam Excel
Baris pertama kita mendeklarasikan sebuah variabel dengan nama A dengan tipe Integer, kemudian kita memberi nilai (initialize) variabel A dengan nilai 7, dan terakhir kita mengeksekusinya dan menulis nilai dari A ke sel A1

STRING
Adalah sebuah variabel yang digunakan untuk menyimpan teks
Dim B As String
B = "excelive"
Range("A1").value = B
Variabel String dalam Excel
Sama seperti tipe variabel sebelumnya, hanya saja tipe variabel yang digunakan kali ini berfungsi untuk menyimpan teks, yang mana pemberian nilai sebuah teks harus diapti dengan tanda petik

DOUBLE
Tipe variabel ini hampir sama dengan variabel Integer, hanya saja lebih akurat dan bisa menyimpan angka di di belakang koma. Lihat perbedaan berikut
  • Integer
    Dim A As Integer
    A = 7.56
    [a1] = A

  • Double
    Dim A As Double
    A = 7.56
    [a1] = A
Semoga bermanfaat. dan selamat bereksperimen.

Post Top Ad

Your Ad Spot