Menghapus Spasi Antar Teks Yang Tidak Beraturan Dengan Macro VBA - excelive - kumpulan artikel dan tutorial excel

New Posts

Post Top Ad

Your Ad Spot

Menghapus Spasi Antar Teks Yang Tidak Beraturan Dengan Macro VBA

hapus spasi baris

Spasi adalah daerah kosong yang digunakan sebagai pemberi jarak dan pemisah kata, huruf, angka, atau tanda baca. Konvensi pemberian jarak antarkata dan antarkalimat bervariasi dalam berbagai bahasa dan kadang cukup kompleks.

Penggunaan spasi atau jarak sangatlah penting untuk memisah antar kata untuk menghasilkan sebuah makna tertentu. Bahkan, bisa dibilang sebuah keharusan. Bagaimana tidak, coba saja Anda bayangkan jika website ini ditulis tanpa menggunakan spasi, pastinya Anda akan sangat tidak nyaman bukan. Atau, mungkin penggunaan spasi sebagai pemisah antar kata yang sangat tidak beraturan - pasti akan membuat tulisan terlihat tidak rapi dan tidak nyaman di baca.

Coba perhatikan penulisan berikut :
spasi baris

Saya yakin, baik Anda ataupun saya, akan sangat nyaman dalam membaca tulisan yang menggunakan spasi atau model penulisan yang terdapat di nomor 2.

Akan tetapi, barangkali kita pernah mendapati sebuah tulisan yang mana jarak antar kata atau spasi-nya sangat tidak beraturan (seperti yang terdapat di nomor 3), yang biasanya kita dapatkan ketika kita copy-paste sebuah artikel dari sebuah website.

Nah, jika Anda mendapati kasus seperti ini di lembar kerja Microsoft Excel Anda, maka solusinya adalah meminta bantuan Macro VBA untuk merapikan spasi antar kata yang sangat tidak beraturan tersebut. Langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Buka jendela Microsoft Visual Basic Editor
  2. Buat sebuah Module Baru
  3. Ketikkan atau masukkan baris kode berikut kedalamnya
    Sub HapusSpasi()
    Dim Rg As Range
    Set Rg = Application.InputBox("Select a range", "Obtain Range Object", Type:=8)
    Rg.Select
    
    With Rg
      .Value = Evaluate("IF(ISTEXT(" & .Address & "),TRIM(" & .Address & "),REPT(" & .Address & ",1))")
    End With
    End Sub
    
  4. Langkah terakhir adalah, silahkan uji susunan kode ini dengan menekan tombol F5
    Hasil hasil tutorial
    Merapikan spasi antar kata di excel
download

Sebelum merapikan spasi antar kata, pengguna diharuskan terlebih dahulu menentukan sel atau range yang terdapat kalimat yang ingin dirapikan, kemudian diakhiri dengan tombol OK

Post Top Ad

Your Ad Spot