• Menghapus Spasi Antar Teks Yang Tidak Beraturan Dengan Macro VBA

    hapus spasi baris Spasi adalah daerah kosong yang digunakan sebagai pemberi jarak dan pemisah kata, huruf, angka, atau tanda baca. Konvensi pemberian jarak antarkata dan antarkalimat bervariasi dalam berbagai bahasa dan kadang cukup kompleks.

    Penggunaan spasi atau jarak sangatlah penting untuk memisah antar kata untuk menghasilkan sebuah makna tertentu. Bahkan, bisa dibilang sebuah keharusan. Bagaimana tidak, coba saja Anda bayangkan jika website ini ditulis tanpa menggunakan spasi, pastinya Anda akan sangat tidak nyaman bukan. Atau, mungkin penggunaan spasi sebagai pemisah antar kata yang sangat tidak beraturan - pasti akan membuat tulisan terlihat tidak rapi dan tidak nyaman di baca.

    Coba perhatikan penulisan berikut :
    spasi baris

    Saya yakin, baik Anda ataupun saya, akan sangat nyaman dalam membaca tulisan yang menggunakan spasi atau model penulisan yang terdapat di nomor 2.

    Akan tetapi, barangkali kita pernah mendapati sebuah tulisan yang mana jarak antar kata atau spasi-nya sangat tidak beraturan (seperti yang terdapat di nomor 3), yang biasanya kita dapatkan ketika kita copy-paste sebuah artikel dari sebuah website.

    Nah, jika Anda mendapati kasus seperti ini di lembar kerja Microsoft Excel Anda, maka solusinya adalah meminta bantuan Macro VBA untuk merapikan spasi antar kata yang sangat tidak beraturan tersebut. Langkahnya adalah sebagai berikut :
    1. Buka jendela Microsoft Visual Basic Editor
    2. Buat sebuah Module Baru
    3. Ketikkan atau masukkan baris kode berikut kedalamnya
      Sub HapusSpasi()
      Dim Rg As Range
      Set Rg = Application.InputBox("Select a range", "Obtain Range Object", Type:=8)
      Rg.Select
      
      With Rg
        .Value = Evaluate("IF(ISTEXT(" & .Address & "),TRIM(" & .Address & "),REPT(" & .Address & ",1))")
      End With
      End Sub
      
    4. Langkah terakhir adalah, silahkan uji susunan kode ini dengan menekan tombol F5 atau bisa juga menjalankannya dengan menekan tombol yang terdapat di menubar.
      Hasil hasil tutorial
      Merapikan spasi antar kata di excel
    download


    Sebelum merapikan spasi antar kata, pengguna diharuskan terlebih dahulu menentukan sel atau range yang terdapat kalimat yang ingin dirapikan, kemudian diakhiri dengan tombol OK

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger