Menghapus Sebuah File Menggunakan Macro VBA - excelive - kumpulan artikel dan tutorial excel

New Posts

Post Top Ad

Your Ad Spot

Menghapus Sebuah File Menggunakan Macro VBA

delete file dengan macro

Pada kondisi tertentu ketika file yang ada dikomputer telah banyak dan file-file tersebut sudah tidak berguna lagi maka yang dilakukan oleh user adalah menghapus file tersebut. Cara menghapus file yang ada dikomputer pun terbilang sangat mudah, dimana penguna dapat melakukannya dengan cara memilih file tersebut kemudian tekan tombol del atau delete pada keyboard maka file tersebut akan terhapus dari komputer anda.

Secara default ketika sebuah file dihapus dari komputer akan tertampung terlebih dahulu di Recycle bin yang nantinya jika anda bermaksud untuk mengembalikan dan menggunakan file tersebut, anda bisa merestore kembali, atau mungkin ingin menghapus file secara permanen dengan cara menekan tombol Empty Recycle Bin.

Tutorial kali ini excelive tidak akan membahas tentang bagaimana cara menghapus sebuah file yang ada dikomputer menggunakan tombol yang terdapat dalam keyboard, melainkan menggunakan sebuah kode yang kita sebut dengan Macro VBA.

Syntax umum untuk menghapus file adalah:
Kill NamaFile
Untuk catatan, menghapus file menggunakan perintah kode di atas tidak akan menghapus file dan memindahkannya ke dalam Recycle Bin, melainkan akan menghapusnya secara permanen. Jadi, diperlukan kehatian-hatian sebelum mengeksekusi perintah ini.

Secara umum, tutorial kali ini menggabungkan baris kode yang terdapat di tutorial Mengecek Keberadaan Sebuah File Dengan Macro VBA yang berfungsi untuk mengecek sebuah file dan menghapusnya dengan menggunakan perintah di atas. Jadi, sebelum Anda belajar tutorial Menghapus File Mengunakan MAcro VBA, ada baiknya Anda baca terlebih dahulu tutorial sebelumnya.
  1. Sebelum memulai tutorial ini, seperti biasanya buka jendela Microsoft Visual Basic editor dengan menekan tombol Alt+F11
  2. Setelah jendela Visual Basic Editor berhasil terbuka, selanjutnya adalah buat sebuah Module baru
  3. Ketikkan baris kode berikut di Module yang sudah Anda buat di langkah sebelumnya
    Sub HapusFile()
    Dim NamaFile As String
    NamaFile = ThisWorkbook.Path & "\1.jpg"
    If Dir(NamaFile) <> "" Then
       Select Case MsgBox("Mau hapus file " & vbCr & NamaFile, vbCritical + vbYesNo)
       Case vbYes
         Kill NamaFile
       End Select
       Else
       MsgBox "Maaf, file yang Anda cari tidak ada.", vbInformation
    End If
    End Sub
    Baris kode diatas akan dieksekusi jika file dengan nama 1.Jpg yang terdapat dalam satu folder dengan file Excel ini ada. Tentu saja, Anda bisa mengganti lokasi file yang ingin dihapus.
    Sebelum melakukan perintah penghapusan sebuah file, kode akan mengeksekusi terlebih dahulu baris kode untuk menampilkan sebuah pesan peringatan apakah file ini ingin di hapus atau tidak. Hal ini terlihat di baris kode:
    Select Case MsgBox("Mau hapus file " & vbCr & NamaFile, vbCritical + vbYesNo)
    Jika tombol yang dipilih adalah Yes, maka file akan dihapus secara permanen tanpa sebuah peringatan (khan, pesan peringatan sudah ditampilkan sebelumnya...), dan jika tidak yakin pilih saja perintah No, sehingga tidak ada file yang akan dihapus.

    download

Sekarang Anda sudah berhasil mempelajari bagaimana cara untuk menghapus sebuah file menggunakan Macro VBA. Semoga Anda menyukai tutorial dari excelive untuk edisi ini.
Kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya.

Post Top Ad

Your Ad Spot