-->

  • Mengecek Keberadaan Sebuah File Dengan Macro VBA

    cek file dengan vba Keberadaan atau eksistensi sebuah file bisa jadi merupakan sebuah kunci utama sebuah aplikasi untuk dapat dijalankan dengan normal. Atau dengan kata lain, jika sebuah file tertentu tidak ada di suatu tempat (folder) yang ditentukan maka akan mengakibatkan sebuah aplikasi tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

    Contoh sederhananya, coba Anda hapus sebuah atau beberapa file yang terdapat di dalam folder Windows atau Anda hapus sebuah atau beberapa file yang terdapat di dalam folder tempat sebuah aplikasi di install (yang biasanya terletak di C:\Program Files...). Maka bisa dipastikan, jika file tersebut adalah sebuah file utama untuk menjalankan aplikasi tersebut, maka tentu saja akan mengakibatkan atau akan menampilkan sebuah perintah error ketika aplikasi di buka atau dijalankan.

    Dari contoh gambaran di atas, pentingnya keberadaan sebuah file sangat berpengaruh terhadap kesuksesan jalannya sebuah aplikasi ketika di buka. Bahkan bisa jadi sebagai faktor penentu apakah aplikasi bisa dijalankan atau tidak.

    Dalam Microsoft Excel, jika Anda saat ini sedang mengembangkan sebuah aplikasi berbasis Microsoft Excel, dan Anda ingin mengecek keberadaan sebuah file (pendukung) yang akan dijadikan sebagai faktor utama aplikasi Anda. Maka kode berikut ini bisa Anda sematkan dalam projek VBA Anda.
    1. Buka jendela Microsoft Visual Basic Editor dengan cara menekan tombol pintas Alt + F11, kemudian klik ganda ThisWorkbook untuk langsung membuka jendela kodenya.
    2. Di bagian jendela kode, pilih object Workbook dan pilih procedure Open. Hal ini berfungsi untuk melakukan sebuah rutinitas awal setelah file Excel dibuka dan sebelum kode-kode lainnya di eksekusi.
      Workbook Open
    3. Ketikkan baris kode berikut di dalam prosedur yang sudah Anda dipilih di langkah sebelumnya
      Dim NamaFile As String
      NamaFile = ThisWorkbook.Path & "\1.jpg"
      If Dir(NamaFile) <> "" Then
        MsgBox "File ditemukan, silahkan lanjutkan"
        Else
        MsgBox "Maaf, file TIDAK ditemukan."
        Application.Quit
        ThisWorkbook.Close False
      End If
      NamaFile
      adalah sebuah string yang dijadikan sebagai lokasi serta nama dari sebuah file. Untuk contoh di atas, nama file adalah 1.Jpg dan terletak dalam satu folder dengan aplikasi atau file Excel ini (ThisWorkbook.Path).
      Anda bisa tentukan lokasi file Anda sendiri dengan mengganti nilai dari NamaFile ini

      MsgBox "File ditemukan, silahkan lanjutkan"
      di bagian ini, Anda bisa memasukkan perintah jika sebuah file ADA dan ditemukan

      MsgBox "Maaf, file TIDAK ditemukan."
      Pada bagian ini, Anda bisa menentukan sebuah perintah apakah Anda ingin menutup sebuah aplikasi atau perintah-perintah lainnya.
      Untuk contoh di atas, ketika file tidak ditemukan maka akan menampilkan sebuah pesan kesalahan dan ketika pengguna menekan tombol OK maka aplikasi akan ditutup dengan tanpa menyimpan perubahan yang terjadi. Hal ini bisa terlihat di baris kode:
      Application.Quit
      ThisWorkbook.Close False
      
    Sekarang Anda sudah berhasil mempelajari bagaimana cara untuk mengecek keberadaan sebuah file yang terdapat di dalam komputer atau media penyimapan. Semoga Anda menyukai tutorial dari excelive untuk edisi ini.
    Kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya, Adios.
    Terimakasih sudah membaca
    Tutorial: Mengecek Keberadaan Sebuah File Dengan Macro VBA
    Label: - Author: excelive

    Masih mau belajar lagi !

    Yuk, klik tautan berikut ini :

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues, such as the following :
    Macro VBA Excel Functions Custom UDF many more...
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    excelive - kumpulan artikel dan tutorial excel
    Copyright © 2016 - excelive.com. Some rights reserved.
    Menyalin sebagian atau keseluruhan materi situs hanya diperbolehkan dengan tautan balik terbuka ke sumbernya.
    equipped with by blogger