001-234-567-8910

5th Avenue Madson, NY758, USA

Get Update on our recent Gadgets & Tabs

Mengenal Kegunaan Kode CurrentRegion MacroVBA

Sebelum menggunakan kode CurrentRegion, maka alangkah baiknya saya akan menjelaskan secara singkat apa itu CurrentRegion. Secara bahasa, kata "Current" berarti sekarang atau saat ini, sedangkan kata "Region" memiliki arti daerah, wilayah, atau bagian. Jadi, isitilah CurrentRegion bisa diartikan dengan sebuah Wilayah atau bagian yang saat ini terpilih.

Nah, kata "saat ini" (Current) jika diterjemahkan ke dalam bahasa Microsoft Excel bisa mengacu kepada sebuah sel yang aktif atau terpilih, sedangkan kata Wilayah atau bagian (Region) adalah sebuah sel atau rentang sel (baca:range) yang berada dalam kawasan atau jangkauan dari posisi sel yang saat ini terpilih.

Kita mengenal istilah range yang mana ia merupakan kumpulan dari beberapa sel yang ditulis menggunakan tanda ":" yang dapat diartikan sebagai "sampai dengan". Contoh dalam penulisan range antara lain, A1:B10. Jika diartikan, rentang yang tentukan adalah sel A1 sampai dengan sel B10, dan apabila kita menyebutkan sebuah alamat sel B3 misalnya, maka sel tersebut masih dalam wilayah atau bagian range A1:B10.

Kesimpulannya adalah, sel B3 adalah Current sedangkan A1:B10 adalah Region. Di mana kondisi Current (sel terpilih) akan sangat menentukan dalam penyebutan wilayah atau alamat range.

Kenapa menggunakan CurrentRegion?
Sebenarnya penggunaan kode ini tergantung dari kebutuhan pengembang aplikasi yang bersangkutan, dan bukan sebuah keharusan. Akan tetapi, penggunaan kode ini bisa terbilang cukup efektif dalam menentukan alamat range secara otomatis ketimbang harus menuliskan sebuah alamat range secara manual. dan yang perlu diperhatikan adalah susunan data dalam lembar kerja, karena ia akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang didapatkan.

Lihat susunan data yang terdapat di lembar kerja berikut
Mengenal CurrentRegion MacroVBA

Dari gambar di atas dapat disimpulkan bahwa, Region akan membaca kombinasi antara sel yang kosong dan sel yang terisi yang saling terhubung.
Region-A menghubungkan antara baris 1 hingga 5 dan kolom A hingga C. Meskipun terdapat beberapa sel yang kosong di kolom C akan tetapi di sana terlihat bahwa masih terdapat penghubung Antara kolom A hingga C sehingga menjadikan A1:C5 sebagai sebuah Region. Dengan catatan, sel yang terpilih berada dalam rentang yang dimaksud.

Bagaimana dengan Region-B dan Region-C? Silahkan cari tahu sendiri jawabannya.

Cara sederhana untuk menuliskan CurrentRegion dapat dikombinasikan dengan kode ActiveCell yang digunakan untuk menentukan letak dari sebuah Region, atau bisa juga langsung menuliskan alamat sel.

ActiveCell.CurrentRegion.Select
Baris kode ini akan memilih sebuah wilayah dari sel yang terpilih, dan Anda harus menentukan atau memilih sendiri sebuah alamat sel di lembar kerja.

[B1].CurrentRegion.Select
Baris kode ini akan memilih sebuah wilayah dari sebuah alamat sel yang sudah ditentukan

[B1].CurrentRegion.Columns(1).Select
Baris kode ini akan menentukan sebuah wilayah dari sebuah alamat sel yang sudah ditentukan dan hanya akan memilih kolom A dari wilayah yang berhasil dipetakan.

[B1].CurrentRegion.Rows(4).Select
Baris kode ini akan menentukan sebuah wilayah dari sebuah alamat sel yang sudah ditentukan dan hanya akan memilih baris ke-4 dari wilayah yang berhasil dipetakan.

Memilih CurrentRegion dengan MacroVBA
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Catatan excelive:
CurentRegion sangat bermanfaat utuk mencari sebuah rentang (range) ketika kita tidak mengetahui batas-batas yang tepat dari rentang awal hingga akhir.

No comments:
Write comments
Hallo, mau belajar excel. Di sini tempatnya. -
Tutorial Microsoft Excel

Join excelive newsletter now...