• Mengenal Formula Pembulatan Angka di Microsoft Excel

    pembulatan angka Setidaknya terdapat lebih dari 4 buah formula yang terdapat di Microsoft Excel yang memiliki fungsi untuk membulatkan angka ke jumlah digit yang ditentukan. Dari 4 buah formula tersebut, tentu saja memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya, yang tentu saja dapat diaplikasikan untuk keperluan yang berbeda-berbeda pula.

    Beberapa formula pembulatan angka yang akan di bahas dalam edisi kali ini antara lain:
    • Round
    • RoundUp
    • RoundDown
    • Ceiling, dan
    • Floor

    ROUND
    Fungsi Microsoft Excel
    =ROUND(number; num_digits)Fungsi ini digunakan untuk membulatkan angka ke jumlah digit yang ditentukan. Kunci utama formula ini terdapat di bagian num_digits. num_digits adalah jumlah digit yang akan di bulatkan.

    Beberapa nilai yang dapat dimasukkan di bagian num_digits antara lain:
    • -1 : Membulatkan nilai puluhan
    • -2 : Membulatkan nilai ratusan
    • -3 : Membulatkan nilai ribuan, dst
    Aturan pembulatan yang dihitung dari nilai-nilai di atas adalah, jika nilai lebih kecil dari 5 maka akan dibulatkan ke bawah, sebaliknya jika terdapat nilai lebih besar dari 5 maka nilai akan di bulatkan ke atas.


    ROUNDUP
    Fungsi Microsoft Excel
    =ROUNDUP(number; num_digits)Fungsi ini digunakan untuk membulatkan angka ke atas saja. Dan yang masih menjadi kunci adalah num_digits, dengan nilai-nilai num_digits sama seperti aturan formula ROUND di atas.


    ROUNDDOWN
    Fungsi Microsoft Excel
    =ROUNDDOWN(number; num_digits)Formula ini merupakan kebalikan dari fungi ROUNDUP, yang berfungsi untuk membulatkan angka ke bawah saja, sementara kunci utama dari pembulatan masih berada di bagian num_digits


    CEILING
    Formula ini berfungsi untuk mengembalikan angka yang dibulatkan ke atas, menjauh dari nol, ke kelipatan signifikansi terdekat. Dengan kata lain, hasil pembulatan yang dilakukan oleh formula CEILING adalah berdasarkan kelipatan (significance)


    FLOOR
    Formula terakhir yang akan di bahas dalam tutorial kali ini yang berhubungan dengan pembulatan angka adalah FLOOR. Formula ini merupakan kebalikan fari formula CEILING, ia akan mengambil nilai ke bawah yang mendekati ke kelipatan terdekat


    Selamat mencoba.


    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger