Cara Sederhana Konversi Angka Ke Huruf Untuk Penulisan Raport Siswa Tanpa Menggunakan Macro VBA - excelive - kumpulan artikel dan tutorial excel

New Posts

Post Top Ad

Your Ad Spot

Cara Sederhana Konversi Angka Ke Huruf Untuk Penulisan Raport Siswa Tanpa Menggunakan Macro VBA

konversi angka sederhana untuk raport

Saya rasa sudah banyak yang membahas tentang tutorial konversi angka ke huruf, tetapi hampir semuanya menggunakan bantuan custom function yang di bangun menggunakan Macro VBA. Dan sedikit yang membahas atau mengulas cara konversi angka ke huruf menggunakan Formula Excel.

Nah, tutorial ini saya tujukan bagi Anda, yang mungkin kurang begitu suka dengan Macro VBA dan lebih senang menggunakan Formula Excel.

Berbicara mengenai Laporan Hasil Belajar Siswa atau yang umum disebut dengan raport, adalah sebuah lembaran atau buku yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa yang berupa sekumpulan hasil penilaian terhadap beberapa mata pelajaran yang diujikan. Umumnya laporan ini diberikan oleh sekolah kepada siswa atau orang tua siswa dua kali hingga empat kali dalam setahun.

Penilaian yang ditulis dalam buku raport biasanya menggunakan skala pemeringkatan untuk menentukan kualitas hasil kerja murid di sekolah. Sistem skala ini bisa berbeda antara sekolah satu dengan yang lainnya, ada yang menggunakan format Huruf (misalnya A,B,C... hingga F), dan ada juga yang menggunakan skala pemeringkatan dengan angka.

Untuk skala pemeringkatan berupa angka, biasanya juga ada perbedaan antar sekolah, misalnya menggunakan skala satuan dengan 2 angka di belakang koma (misal 7,89) atau menggunakan skala puluhan dengan 1 angka di belakang koma (misal 78,9). Tentu kaidah penulisan ini tergantung dari kebijakan sekolah masing-masing.

Untuk tutorial kali ini, kita akan membahas skala pemeringkatan yang menggunakan nilai satuan dengan 2 angka di belakang koma, kemudian di konversikan menjadi format huruf seperti hasil berikut ini:
Konversi Penulisan Raport

Langkah pertama untuk membuat fornula ini adalah dengan membuat tabel konversi terlebih dulu, seperti tampilan berikut :
Tabel Penulisan Raport
Tabel inilah yang nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam penulisan format huruf menggunakan bantuan sebuah formula sederhana

Konversi Angka ke Huruf

Sebagai contoh silahkan tuliskan sembarang nilai di sel D1 dengan format satuan dengan 2 angka di belakang koma - contoh 7,83

Formula Konversi Angka ke Huruf

Untuk melihat konversi dari angka yang sudah ditulis di sel D1, ketikkan formula berikut ini di Sel E1
=IFERROR(VLOOKUP(LEFT(D2;1)*1;$A$1:$B$10;2)&" koma "
&VLOOKUP(MID(FIXED(D2;2);3;1)*1;$A$1:$B$10;2)&" "
&VLOOKUP(RIGHT(FIXED(D2;2);1)*1;$A$1:$B$10;2);"")

Selamat mencoba

Post Top Ad

Your Ad Spot