Mengenal Microsoft Visual Basic Editor - excelive - kumpulan artikel dan tutorial excel

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

12.10.16

Mengenal Microsoft Visual Basic Editor

Microsoft Excel adalah satu program pengolah angka yang cukup handal jika dibandingkan dengan program sejenis lainnya, sebut saja program yang bersifat freeware alias gratis seperti OpenOffice Calc. Bukan saja karena progam Microsoft Excel bersifat User Friendly alias cukup mudah digunakan, kumpulan formula yang sangat luar biasa kompleks, akan tetapi juga karena kemampuannya mengolah data microsoft Excel menggunakan bantuan Visual Basic.
Apa itu Visual Basic.
Microsoft Visual BasicSeperti yang dilansir oleh situs wikipedia, Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).

Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.

Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.

Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.

Dengan kata lain, menguasi Microsoft Visual Basic akan memungkinkan Anda dapat membangun aplikasi sendiri berbasis Microsoft Office Excel.

Bagi orang awam, mungkin dengan membaca penjelasan singkat di atas serta kegunaannya agak sedikit ngeri untuk mempelajari Excel lebih lanjut lagi. dan ogah untuk mempelajarinya, karena mungkin beberapa pengguna excel sudah memiliki sebuah paradigma cukup hanya dengan menguasi formula Excel saja sudah lebih dari cukup.

Paradigma tersebut 100% tidak keliru, hanya saja mungkin beberapa formula-formula yang disediakan oleh Excel belum tentu sepenuhnya mampu menyelesaikan permasalah dalam pengolahan data, atau ketidak efektifan dalam penyelesaian pekerjaan. Sehingga perlu adanya bantuan dari program lain untuk menyelesaikannya, yang kita kenal dengan sebutan visual Basic atau biasanya kita cukup menyebutnya VBA atau Macro saja.

Hebatnya lagi, kita tidak lagi harus install program ini secara terpisah, karena ia sudah terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Excel. dan kita bisa mengaktifkannya jika diperlukan.

Bagaimana mengaktifkan atau membukanya ?
Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan
  1. Menggunakan tombol pintas atau Shortcut ALT+F11, atau
  2. Dengan cara 🖰 kanan nama lembar kerja atau sheet, kemudian pilih menu View Code dari menu yang muncul
Sebenarnya ada lagi cara yang ketiga, akan tetapi untuk Microsoft Excel versi 2007 ke bawah, pengguna harus mengaktifkan terlebih dahulu ribbon Developer melalui menu Excel options

Secara umum jendela Microsoft Visual Basic Editor sebagai berikut:
VBA Project
Berisi objek-objek yang terdapat dalam buku kerja Excel Anda, seperti; Lembar kerja, Userform, Module, dan juga ClassModules

Properties
Berisi informasi dari objek yang terpilih

Jendela kode
Merupakan jendela utama Visual Basic, dimana di jendela inilah baris-baris kode ditulis

Mengaktifkan Kode
Untuk mengetahui apakah setiap kode-kode yang ditulis berjalan sesuai dengan keinginan, ada baiknya kita mengujinya terlebih dahulu.
Setidaknya, ada 2 cara yang biasa dilakukan untuk menjalankan kode VBA antara lain
  1. Menggunakan tombol pintas F5, atau
  2. 🖰 ikon yang terdapat di baris standard toolbar
Yang perlu di ingat sebelum menjalankan kode-kode VBA adalah, pastikan kursor berada di dalam prosedur atau rangkaian baris kode VBA yang ingin di jalankan agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

selamat mencoba

Post Top Ad

Your Ad Spot