• Membuat Angka Acak Secara Statis

    random number Microsoft Excel telah menyediakan ratusan formula untuk digunakan dalam berbagai keperluan. Sebut saja formula SUM. Salah satu formula andalan dari pengguna Microsoft Excel ini digunakan untuk menjumlahkan isi data berupa angka dalam range tertentu.

    Tentu saja formula SUM tidak bisa digunakan jika ingin mencari rata-rata suatu nilai, dan lain sebagainya. Hal ini karena setiap formula yang ada di Microsoft Excel memiliki fungsi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Akan tetapi pengguna Excel bisa mengkombinasikan antar formula untuk menghasilkan nilai yang diinginkannya.

    Salah satu fungsi Microsoft Excel yang akan dibahas dalam Tutorial kali ini adalah, formula RAND. Formula ini digunakan untuk menghasilkan nilai atau angka secara acak yang diistribusikan secara merata.

    Menggunakan formula RAND, akan menghasilkan angka acak baru setiap kali terjadi perubahan di lembar kerja, yang mengakibatkan nilai yang dihasilkan tidak akan sama. Meskipun hal ini bisa diatasi dengan cara merubah terlebih dahulu metode penghitungan lembar kerja dari otomatis menjadi manual, yang bisa dirubah melalui menu Excel Option. Akan tetapi, konsekuensinya adalah setiap formula yang tertulis di lembar kerja tidak akan dihitung secara otomatis, dan pengguna harus menekan tombol F9 untuk melalukan hitungan secara manual.

    Maka salah satu solusi untuk membuat angka acak secara statis meskipun terjadi perubahan di lembar kerja adalah dengan cara membuat Fungsi Kustom menggunakan Macro VBA.
    1. Tekan tombol pintas Alt + F11
    2. Buat sebuah Module baru, dan masukkan baris kode ke dalamnya
      Function Statis()
            Statis = Rnd()
      End Function
    Untuk menggunakan fungsi kustom ini, ketik di sebuah sel seperti berikut
    Formula Excel
    =Statis()
    Maka, nilai acak akan dibuat dan tidak akan berubah meskipun terjadi perubahan di lembar kerja. Lihat tampilan berikut untuk melihat perbedaan formula kustom yang kita buat dengan formula bawaan Microsoft Excel


    Untuk menghasilkan nilai acak secara statis antara 0 sampai dengan 100, maka tulis formula seperti berikut :
    Formula Excel
    =INT(statis()*100))
    Sekarang anda sudah berhasil membuat Custom Function untuk menampilkan angka acak secara statis. Semoga belajar Custom Function Macro VBA excel bersama excelive untuk edisi ini ada manfaatnya.
    Kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya, Thanks for visiting.

    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger