• Cara Mengisi ListBox Dengan Nilai Unik dari Data Ganda

    data listbox unik Secara garis besar istilah dari nilai unik adalah nilai yang tidak sama antara satu dengan lainnya. Nilai unik seringkali digunakan untuk data pegawai, nomor induk siswa, nomor rekening bank, atau sejenisnya.

    Nilai unik tidak selalu berupa angka-angka bisa juga berupa teks atau huruf atau kombinasi antara keduanya, hal ini tergantung dari kegunaannya.

    Coba perhatikan data berikut:
    A
    1 Andini
    2 Sofia
    3 Edi
    4 Sofia
    5 Ika
    6 Andini
    7 Sofia
    8 Ika

    Dari data diatas, terdapat beberapa nama yang sama yang muncul beberapa kali dalam tabel. Dan jika dilihat secara seksama, maka data diatas sebenarnya hanya terdapat nilai yang unik atau tidak ganda, yaitu;
    • Andini
    • Sofia
    • Edi, dan
    • Ika
    Model tabel seperti gambar diatas, barangkali sering kita temui atau kita gunakan semisal dalam penulisan laporan. Nah, data yang tertulis di dalam lembar kerja tersebut (seperti yang pernah saya jelaskan di tutorial sebelumnya) tentu saja bisa dimasukkan kedalam ListBox. Namun, mungkin kita hanya menginginkan data-data atau nilai yang muncul adalah nilai yang unik saja. Maka tentu saja perlakuan untuk mengisi ListBox tidak bisa menggunakan cara biasa, seperti menggunakan kode RowSource misalnya.

    Nah, Tutorial ini akan membahas tentang bagaimana cara mengisi data-data yang terdapat di lembar kerja ke dalam ListBox, akan tetapi hasil yang ditampilkan tidak ganda atau unik.

    Sebelum memulainya pastikan Anda sudah menyiapkan objek atau Control ListBox, dan diletakkan di sebuah UserForm. Langkah selanjutnya adalah :
    1. Buka jendela Microsoft Visual Basic Anda
    2. Klik kanan UserForm dan pilih ViewCode dari menu popup yang muncul
    3. Pilih event Userform_Activate dari menu dropdown procedure
    4. Ketik kode berikut kedalam event yang Anda pilih di langkah sebelumnya
      Dim AllCells As Range, Cell As Range
      Dim Unik As Collection
      Dim Item As Variant
      Set Unik = New Collection
      
      On Error Resume Next
      For Each Cell In Range("A1:A10").Cells
      Unik.Add Cell.Value, CStr(Cell.Value)
      Next Cell
      For Each Item In Unik
      ListBox1.AddItem Item
      Next Item
      Kode diatas akan membaca data-data yang ada di sel A1 hingga A10, jadi pastikan Anda sudah memasukkan data di sel-sel yang dimaksud. Usahakan dalam data tersebut terdapat beberapa nilai yang ganda untuk melihat perbedaannya.
    5. Langkah terakhir tentu saja adalah menguji kode ini. Lakukan dengan cara menekan shortcut F5 yang ada di keyboad Anda.
    Hasil akhir tutorial
    Isi ListBox Unik

    Sekarang anda sekarang sudah berhasil mengisi ListBox Microsoft Excel dengan nilai yang sifatnya unik. Semoga Anda menyukai tutorial dari excelive untuk edisi ini. Kunjungi kami lain waktu untuk mengetahui kehebatan Microsoft Excel lainnya, We'll be right back soon.


    Artikel Terkait

  • Still haven't found what are you looking for

    We have provided a complete list of articles on this site to make it easier for you and giving the best solution for your excel issues

    VISIT LINK
    loading...
    DMCA.com Protection Status

    excelive.com
    is a blogger resources site who provides best excel tutorial based on daily needs. The main mission of excelive is to share our little experience in excel to deliver best time killer for your excel issues.
    T.O.S
    Term of service

    Read More
    Download Area
    to complete all excel lessons, we have provided a download link for you Find Here
    Copyright © 2015 - excelive.com. Some rights reserved.
    equipped with by blogger